Rabu, 04 Februari 2009

NAMA : Hermawan

NIM : SP. 071105

JURUSAN : ILMU PEMERINTAHAN

MK : METODOLOGI PENELITIAN



JAWABAN MID SEMESTER


1. Metodologi penelitian merupakan Suatu Ilmu pengetahuan yang sistematis dan terorganisasi atau suatu penyelidikan yang hati-hati serta teratur dan terus menerus untuk memecahkan suatu masalah.

2. Kebenaran Ilmiah Kebenaran yang diperoleh secara mendalam berdasarkan proses penelitian dan penalaran logika ilmiah. Kebenaran ilmiah ini dapat ditemukan dan diuji dengan pendekatan pragmatis, koresponden, koheren.

§ Kebenaran Pragmatis: Sesuatu (pernyataan) dianggap benar apabila memiliki kegunaan/manfaat praktis dan bersifat fungsional dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, Yadi mau bekerja di sebuah perusahaan minyak karena diberi gaji tinggi. Yadi bersifat pragmatis, artinya mau bekerja di perusahaan tersebut karena ada manfaatnya bagi dirinya, yaitu mendapatkan gaji tinggi.

§ Kebenaran Koresponden: Sesuatu (pernyataan) dianggap benar apabila materi pengetahuan yang terkandung didalamnya berhubungan atau memiliki korespondensi dengan obyek yang dituju oleh pernyataan tersebut. Teori koresponden menggunakan logika induktif, artinya metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum. Dengan kata lain kesimpulan akhir ditarik karena ada fakta-fakta mendukung yang telah diteliti dan dianalisa sebelumnya. Contohnya, Jurusan teknik elektro, teknik mesin, dan teknik sipil Undip ada di Tembalang. Jadi Fakultas Teknik Undip ada di Tembalang.

§ Kebenaran Koheren: Sesuatu (pernyataan) dianggap benar apabila konsisten dan memiliki koherensi dengan pernyataan sebelumnya yang dianggap benar. Teori koheren menggunakan logika deduktif, artinya metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal umum ke khusus. Contohnya, seluruh mahasiswa Undip harus mengikuti kegiatan Ospek. Luri adalah mahasiswa Undip, jadi harus mengikuti kegiatan Ospek.

3. Ciri-ciri Metode Deskriptif ;

· Untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar belaka.(secara harafiah)

· Mencakup penelitian yang lebih luas di luar metode sejarah dan eksperimental.

· Secara umum dinamakan metode survei.

· Kerja peneliti bukan saja memberi gambaran terhadap fenomena-fenomena, tetapi :

· menerangkan hubungan,

· menguji hipotesis-hipotesis

· membuat prediksi, mendapatkan makna, dan

· implikasi dari suatu masalah yang ingin dipecahkan

Mengumpulkan data dengan teknik wawancara dan menggunakan schedule qestionair/interview guide.

4. Menurut Bogdan dan Bikien (1982) studi kasus merupakan pengujian secara rinci terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu . Surachrnad (1982) membatasi pendekatan studi kasus sebagai suatu pendekatan dengan memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan rinci. Sedangkan studi komparatif adalah mencari perbandingan masalah antara yang buruk dengan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar